Thursday 3 September 2015

Sherlock Holmes Lembah Ketakutan

Judul : Sherlock Holmes Lembah Ketakutan
Judul Asli : Sherlock Holmes The Valley of Fear
Pengarang : Sir Arthur Conan Doyle
Alih Bahasa : B. Sendra Tanuwidjaja
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 979-686-733-8
Tebal : 304 halaman
Tahun Terbit : 2006
Cetakan : Ketiga


Buku pertama yang akan saya bahas adalah buku berjudul Sherlock Holmes : Lembah Ketakutan. Waah, ketahuan nih kalau saya penggemarnya Sherlock Holmes. Buku ini adalah salah satu buku lama saya yang saya beli pas lagi ngefans nya banget sama karakter ciptaan Eyang Conan Doyle yang satu ini.



Semua novel Sherlock Holmes karangan Conan Doyle mampu membuat saya terkagum-kagum. Tak terkecuali yang satu ini. Lembah Ketakutan bercerita tentang Sherlock Holmes yang tiba-tiba mendapat pesan misterius dalam bentuk kode dari seseorang. Sir Arthur Conan Doyle menuntun kita dengan apik untuk memecahkan kode misterius tersebut lewat ceritanya. Kode misterius tersebut berisi ancaman pembunuhan yang ditujukan kepada John Douglas di Manor House. Sayangnya, saat pesan tersebut berhasil dipecahkan, Sherlock Holmes sudah terlambat. John Douglas sudah tiada.

Sherlock Holmes beserta sahabatnya Dr. Watson kemudian pergi ke lokasi kejadian untuk menyelidikinya. Di sini mulai menarik. Konflik dan fakta-fakta yang terjadi membawa kita untuk mengungkap sebuah rahasia besar di balik pembunuhan tersebut. Perlahan-lahan cerita aslinya akan terungkap. Siapa John Douglas? Siapa pembunuhnya? Kenapa ia dibunuh dan diancam?

Alur ceritanya cukup panjang dengan berlatar belakang tempat kejadian di Inggris dan Amerika. Penulis cukup lihai membawa kita flashback ke cerita awal yang melatarbelakangi kejadian pembunuhan tersebut. Oh iya, di sini sudah mulai diceritakan tentang campur tangan Professor Moriarty secara sekilas. Penasaran kan dengan pertarungan si duo jenius ini? Baca aja bukunya :P

Oh iya, seperti saya ceritakan di atas, di dalam buku ini ada pesan misterius yang dikirimkan ke Sherlock Holmes. Pesannya kayak gini :

534 C2 13 127 36 31 4 17 21 41
DOUGLAS 109 293 5 37 BIRLSTONE
26 BIRLSTONE 9 127 171

Kalo ada yang udah pernah nonton Sherlock Holmes BBC Series pasti udah bisa nangkap sekilas maksud pesannya. Soalnya pesan yang mirip juga sudah pernah muncul di salah satu adegan serial BBC itu. Hehehe..

So, kalau selama ini biasanya cuma nonton filmnya aja, coba deh mulai baca bukunya. Petualangannya lebih seru lho. Kita dibawa berkelana ke Inggris jaman dulu. Mantap deh pokoknya..

Selamat membaca :)



No comments:

Post a Comment